×

Ragam Jenis Vitamin untuk Tulang Sehat dan Kuat

Kesehatan tulang sangat penting bagi tubuh karena fungsinya sebagai penopang dan anggota gerak tubuh. Peran pentingnya ini sangat utama dan harus diperhatikan keoptimalannya. Untuk itu, tulang di seluruh tubuh harus tetap sehat dan kuat. Nutrisi penting untuk tulang sangat dibutuhkan dan efektif menyehatkan dan menguatkan tulang.

Vitamin D memang terkenal sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Meskipun demikian, siapa bilang tulang hanya memerlukan vitamin D? Ternyata terdapat beragam vitamin untuk tulang lainnya yang sangat baik menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Apa sajakah itu? Inilah penjelasan manfaat vitamin D dan beragam vitamin lainnya.

  1. Vitamin D

Vitamin D yang sudah terkenal khasiatnya dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi, tentu harus dipenuhi asupannya setiap harinya. Hal ini tentu saja sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, terutama pada masa pertumbuhan atau pada masa usia lanjut. Anda yang berada di usia produktif juga membutuhkannya untuk memberikan kekuatan pada tulang agar makin aktif plus mencegah penurunan fungsi tulang.

READ  Cara Mengobati Ataksia Friedeich Secara Medis

Mengenai fungsinya, vitamin D ini membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh. Tanpa vitamin ini, proses penyerapan kalsium tidak mampu berjalan lancar dan optimal. Akibatnya, tubuh yang mengalami kekurangan kalsium.

Idealnya, tubuh membutuhkan sekitar 400-800 IU vitamin D setiap harinya. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi sumber vitamin D yang baik untuk tulang, seperti hati sapi, susu, kuning telur, dan produk olahannya Sarden dan ikan tuna juga sangat kaya akan vitamin D. Anda juga bisa berjemur di bawah sinar matahari guna membantu tubuh untuk memroses vitamin D, namun jangan terlalu lama agar kulit tidak terbakar dan berjemurlah di bawah jam 10 pagi agar aman dari sinar UV.

  1. Vitamin C

Tidak terbatas berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh, vitamin C ternyata juga baik untuk tulang. Vitamin C ini mampu membantu tubuh untuk membentuk kolagen yang berfungsi tumbuh kembang tulang dan gigi. Setiap harinya, tubuh membutuhkan sebanyak 500 miligram vitamin C. Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin C. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi adalah buah-buahan, seperti jeruk, pepaya, semangka, stroberi, kiwi, mangga, dan blewah. Sayuran hijau juga mengandung vitamin C.

  1. Vitamin K
READ  Jangan Diabaikan, Perhatikan Gejala Ataksia Friedrich Berikut

Pemenuhan kebutuhan vitamin K juga mampu mengoptimalkan proses pembentukan tulang serta mengoptimalkan penyerapan kalsium. Kebutuhan terhadap vitamin K ini berbeda-beda untuk setiap orang. Dilansir dari alodokter.com, pria membutuhkan sekitar 120 mikrogram vitamin K setiap harinya, sedangkan wanita membutuhkan sekitar 90 mikrogram vitamin K. Anda bisa memenuhi semua kebutuhan vitamin K tersebut dengan mengonsumsi sayuran, di antaranya adalah bayam, brokoli, dan kangkung.

  1. Vitamin B12

Jenis vitamin untuk tulang berikutnya adalah vitamin B12 yang mampu membantu menjaga kesehatan tulang. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin ini, maka bisa memicu adanya pengeroposan tulang serta menimbulkan kerapuhan pada tulang. Kebutuhan terhadap vitamin B12 untuk orang dewasa adalah sebanyak 2,5 mikrogram setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 tersebut, Anda bisa mengonsumsi ikan, ayam, telur, tiram, susu, dan produk olahannya.

READ  Gejala Ateletaksis yang Harus Disadari

Semua jenis vitamin untuk tulang di atas sangat bermanfaat untuk menjamin pembentukan dan penguatan tulang secara optimal. Untuk itu, penuhilah asupan vitamin di atas untuk tubuh Anda agar membentuk tulang yang sehat dan kuat. Mengonsumsi sumber vitamin secara rutin akan semakin mendukung kesehatan tulang sejak dini. Berbagai persoalan tulang, seperti osteoporosis, bisa dicegah sejak dini.

 

Sumber artikel:

www.alodokter.com

www.merdeka.com

 

Sumber gambar:

doktersehat.com

www.doctissimo.fr

www.medicalnewstoday.com